-->

Apa Itu Email Marketing, Pengertian Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Cara Manfaat Email Marketing Indonesia

Pengertian email marketing - tahukah anda bahwa pada jaman sekarang ini tepatnya jaman teknologi pastinya diperlukan yang namanya email marketing, sebab dalam hal ini dapat membantu anda seperti mengirim surat dan hal lainnya, maka dari itu anda perlu mengetahui pengertian email marketing sebagai penujang pengetahuan anda sendiri, memang pada dasarnya ada banyak sekali kegunaan email marketing dalam kehidupan sehari-hari, contoh kasusnya yaitu anda dapat mengirim surat pribadi, bisnis, umum, dan lain sebagainya.
Apa Itu Email Marketing, Pengertian Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Cara Manfaat Email Marketing Indonesia
Tidak dipungkiri lagi bahwa mereka yang saat ini menggunakan laptop atau komputerisasi pasti mengenal yang namanya contoh email marketing, sebab jika anda membuka tampilan desktop tidak akan ketinggalan sesuatu yang berkesan seperti email, bukan hanya itu saja, akan tetapi ada banyak sekali manfaat email marketing yang tidak diketahui semua orang, maka dari itu anda perlu mengetahuinya, bukan sekedar tahu apa itu email marketing dalam pemasaran bisnis.

Baca juga Pengertian Direct Marketing Dan Contohnya

Ada banyak sekali manfaat pemasaran email yang anda dapatkan jika tahu dalam penggunaannya secara baik, perlu anda ketahui juga bahwa contoh pemasaran email memberikan dampak yang sangat baik terhadap penjualan produk, karena jika anda memasarkan produk ke list email konsumen, tentunya orang lain akan membaca isi kalimat tersebut, pastinya dari situ akan terjadi suatu penjualan produk. Pertanyaannya mengapa pelaku bisnis perlu menggunakan email marketing ? Sebab dalam cara pemasaran email lebih bagus dibandingkan yang lainnya, karena orang lain tidak akan pernah menghapus email tersebut dan selalu di cek tiap hari oleh pengguna.

Bahkan tidak hanya itu saja, dalam teknik email marketing memang cukup efektif bagi penjual, terkadang juga pelaku marketing tidak akan meninggalkan strategi ini untuk mendapatkan banyak list pelanggan mereka, beruntungnya lagi bahwa kelebihannya disini dapat meningkatkan konversi penjualan di internet.

Pengertian Email Marketing Menurut Para Ahli


1. E-Marketing menurut ahli Armstrong dan Kottler, Adalah sistem pemasaran yang dilakukan olej pelaku usaha e-commerce hingga perusahaan tertentu, bahkan bisnis ukm saja bisa memanfaatkan kelebihan ini untuk menginformasikan kepada banyak pelanggan melalui media internet yang bisa dikatakan surat pesan online.

2. Menurut American Marketing Association Ahli Kleindl dan Burrow, Strategi pemasaran email merupakan bentuk dari segala hal untuk membangun branding atau bisa dibilang relasi antar konsumen, maka dari itu pelaksanaan ini diperlukan sekali bagi pebisnis online yang ingin mencapai target penjualan yang lebih maksimal, jadi kesimpulannya bahwa pengertian pemasaran email adalah strategi yang dilakukan untuk memperluas relasi sehingga nantinya akan menghasilkan penjualan yang lebih etis. Saat ini perencaan marketing mulai berkembang pesat di dunia bisnis online karena adanya bantuan internet yang dapat memudahkan segalanya termasuk dalam mengirim pesan di email.

Apa Itu Email marketing, Inilah Pengertian Dari Email marketing


Sudah saya katakan sebelumnya bahwa pengertian email marketing disini memang terbilang sangat sederhana sekali, jadi maksud disini adalah pemasaran yang dilakukan oleh pelaku pebisnis online untuk mendapatkan pelanggan maupun membangun relasi yang baik antar konsumen hanya melalui pengiriman media surat elektronik, salah satunya yaitu seperti gmail dan yahoo yang paling mudah untuk digunakan semua orang, termasuk anda sendiri.

Anda bisa mengirim apa saja di email dan disini akan terbilang surat pribadi, contohnya adalah mengirim produk terbaru kepada banyak pelanggan, bahkan tidak hanya itu saja kegunaan pemasaran email, akan tetapi dapat juga dimanfaatkan dalam sistem membangun hubungan baik dengan orang lain, contohnya yang lagi trending saat ini adalah email subciber yang bisa digunakan untuk mendapatkan list email konsumen anda. 

Dengan adanya bantuan email marketing disini dapat membantu semua orang untuk mencari target konsumen, terutamanya ialah pengusaha di internet yang tujuannya adalah menjual produk secara online, maka dari itu list pemasaran email juga perlu dibangun dengan pondasi yang baik, caranya yakni dengan menjaga hubungan baik antar banyak konsumen anda. 

Contoh Email Marketing Dalam Type Business


Dibawah ini adalah penjelasan beberapa contoh email marketing yang biasanya sering dilakukan oleh pengusaha dalam mendapatkan banyak jaringan pelanggan, tentunya ujung-ujungnya adalah mencapai target penjualan yang lebih tepat, jika anda penasaran silakan simak saja penjelasannya dibawah ini :

1. Direct Email

Pernahkah anda mendengar istila yang namanya direct mail, jika anda tidak tahu maka saya akan menjelaskannya secara rinci, untuk pengertian dari direct mail marketing adalah cara anda mempromosikan produk kepada pelanggan melalui media surat online yang berisi tentang penawaran suatu produk ataupun sejenis diskon termurah, jadi dalam cara ini bisa anda terapkan untuk mengirim dalam bentuk teks ataupun html, bahkan bisa juga dalam jenis pesan yang sangat menarik. 


Tahukah anda bahwa ada banyak sekali pelaku pebisnis online yang salah dalam memanfaatkan hal ini, saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk mengirim pesan email penawaran kepada pelanggan secara bertubi-tubi agar konsumen tersebut dapat langsung melihat isi pesan anda, jadi dalam hal ini sudah tergolong ke dalam teknik SP*M ,maka bisa saja email anda di kategorikan konsumen sebagai white list ataupun lebih merugikannya lagi di jadikan unsubcribe. 

2. Retention Email

Maksud dari pengertian retention email marketing adalah suatu cara yang sangat etis untum mengirimkan pesan email kepada konsumen lama anda yang tujuannya adalah membangun hubungan baik dengan konsumen anda tersebut, jadi dalam hal ini silahturahim perlu dilakukan bagi pengusaha di internet untuk mencapai target penjualan yang lebih baik lagi. 

Teknik ini dinamakan dalam suatu startegi membangun branding dengan pelanggan lama, tahukah anda bahwa hubungan yang baik dengan konsumen lama akan terjadi penjualan produk baru terhadap pelanggan setia anda tersebut, maka dari itu pendekatan hubungan yang solidaritas perlu dilakukan oleh setiap penjual produk online di internet untuk menunjang penjualan yang lebih maksimal

Nah jika anda berminat dalam melakukan strategi ini maka caranya sangat mudah sekali, cukup lakukan beberapa hari maka anda sudah akan terjadi penjualan produk baru kepada pelanggan lama, caranya yaitu dengan mengirim informasi yang bermanfaat kepada mereka, perlu anda ingat juga bahwa dalam tahap ini anda tidak boleh menjual suatu produk, jadi bisa dikatakan proses memberikan mereka tentang informasi yang bermanfaat sesuai niche produk anda, setelah mulai terbangun maka bisa anda lakukan hard selling dengan menjual sebuah produk yang dibutuhkan mereka. 

Apabila anda melakukan strategi ini dalam beberapa hari saja, maka bisnis anda bisa menjadi loyalitas yang baik bagi mereka, tentunya kredibilitas bisnis akan semakin berkembang seiring pelanggan lama yang membeli produk anda, cara ini sering dilakukan oleh pebisnis yang ahli dalam bidang email marketing.

Cara Email Marketing Yang Baik


1. Membangun Branding

Nah untuk cara email marketing yang baik adalah membangun branding terlebih dahulu, intinya anda jangan langsung berjualan langsung terhadap konsumen yabg sudah anda targetkan emailnya, alangkah baiknya bangunlah hubungan baik dengan mereka agar kredibilitas bisnis anda menjadi loyalitas yang baik di mata konsumen. 

Ada banyak sekali cara yang baik dalam membangun branding, misalnya anda dapat mengirimkan artikel informasi tentang tips dan trik ataupun bisa juga anda berikan tentang ebook gratis kepada mereka, maka dari itu strategi email marketing anda akan semakin berkembang dengan baik, setelah branding mulai terbentuk baru anda bisa memasuki tahap penjualan. 

1. Beriklan di Email Orang Lain

Cara ini termasuk dalam kategori internet marketing yang sangat ampuh bagi pebisnis online, nah jika anda tidak ingin repot untuk mendapatkan list daftar email marketing gratis orang lain, maka anda bisa membeli list kepada publisher lain yang sejenis dengan produk anda, artinya dalam pesan tersebut akan berisi kalimat promosi produk anda yang nantinya akan siap dikirimkan kepada pelanggan. Jadi kesimpulannya bahwa ini adalah strategi pola beriklan di list email orang lain, jadi list kalimat promosi tersebut termasuk email marketing beriklan. 


Ada banyak sekali orang lain yang menggunakan cara ini, terbukti berhasil mendapatkan banyak pelanggan, intinya dalam beriklan mail list perlu memiliki banyak daftar email marketing indonesia yang tertarget sesuai dengan produk tersebut, bahkan tidak hanya itu saja, akan tetapi si pemasar juga akan mendapatkan keuntungan jika anda membeli jasa mereka, bisa melalui affiliate marketing ataupun tiap penjualan produk.

Sekarang anda sudah mengetahui cara email marketing yang baik terhadap pemasaran online, di luar sana memang ada banyak sekali mereka yang menggunakan jasa ini, terbukti dalam sehari saja mereka sudah bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan dengan bermodalkan penjualan melalui list email yang sangat banyak. 

Manfaat Email Marketing Terhadap Perusahaan Bisnis


Dibawah ini adalah beberapa manfaat email marketing yang bisa anda rasakan sendiri ketika memanfaatkannya dengan baik, tentunya dari manfaat tersebur bisa memberikan dampak yang bagus bagi penjual produk di internet. 

1. Bersifat Pribadi

Kelebihan atau manfaat pemasaran email adalah bersifat pribadi, artinya orang tidak akan menghapus emailnya di tersebut di smartphone ataupun komputer, bahkan dalam mengirim pesan email secara pribadi akan membuat konsumen merasa nyaman dengan isi pesan anda, sehingga disini akan terjadi pembentukan branding dengan bagus antar konsumen, apabila sudah mulai terlihat baik maka anda bisa menjual produk secara perlahan kepada mereka. 

2. Terkirim Lebih Cepat

Manfaat kedua yang anda rasakan sendiri adalah kelebihan kecepatan dalam mengirim pesan, biasanya ketika dulunya anda menggunakan surat post untuk mengirim pesan tentunya akan terasa sangat lama sekali, biasanya akan membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari, namun disini berbeda dengan email marketing, anda bisa mengirim pesan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik saja pesan anda sudah bisa terkirim kepada konsumen. 

Pengiriman informasi email akan terasa lebih cepat dibandingkan menggunakan surat pos, bahkan sejauh jarak berapa pun akan cepat sampai juga, jadi manfaatkan lah hal ini dalam definisi email marketing yang sangat ampuh dan lebih baik. 

3. Biaya Murah

Manfaat ketiga adalah biayanya tergolong sangat murah, banyak orang lebih memilih menggunakan direct mail dibadingkan surat fisik, sebab biaya yang dikeluarkan sangat-sangat terjangkau, bahkan juga responder isi pesan lebih cepat sampai kepada penerima alamat email, jadi sekarang anda bisa memilih menggunkan email marketing dalam pemasaran bisnis yang ditargetkan kepada banyak pelanggan. 

4. Dapat Diukur

Apabila anda memanfaatkan email marketing tentunya dapat di ukur dengan baik, bisa jadi dengan adanya analisis terhadap pemasaran email yang sebelumnya telah anda lakukan, bahkan anda juga bisa melihat ataupun mengukur dimana letak responder yang baik dengan konsumen dan begitu juga sebaliknya apabila tidak berdampak bagus, berarti anda telah melakukan kesalahan. 

5.  Terjalin Hubungan Baik Dengan Konsumen

Sudah saya katakan sebelumnya bahwa membangun hubungan yang baik antar konsumen adalah pilihan terbaik bagi pelaku internet marketing, dengan adanya manfaat email marketing dapat dimiliki dengan menjalin hubungan baik antar konsumen, hal ini dinamakan sebagai strategi membangun branding dengan pelanggan, artinya anda tidak boleh berjualan secara langsung hard sellinh, alangkah baiknya kenalan dengan konsumen dengan metode jualan convert selling

Penutup


Demikianlah artikel yang saya bahas mengenai pengertian email marketing dan manfaatnya, semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda di bidang pemasaran online, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silakan anda bagikan ke media sosial lainnya. Terima kasih

0 Response to "Apa Itu Email Marketing, Pengertian Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Cara Manfaat Email Marketing Indonesia"

Post a Comment